ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI METODE ORIENTASI OBJECT

“ RESERVASI PENJUALAN TIKET PESAWAT TERBANG “

—————————————————————————————————–

Untuk membuat suatu Aplikasi yang sejalan dengan kebutuhan User tentunya kita harus bisa menganalisis kebutuhan tersebut, konsep yang bagus dan tersusun dengan baik akan menjadikan Aplikasi ynag kita buat lebih baik dan sesuai dengan keinginan. Aplikasi yang akan saya buat adalah “Aplikasi Reservasi Penjualan Tiket Pesawat Terbang”, dimana metode yang digunakan adalah menggunakan metode Berorientasikan Objek. Analisis dan Perancangan ini dibuat sebagai salah satu tugas dari mata Kuliah Analisis dan Pemrograman Sistem Berorientasi Objek STMIK Sumedang, thank’s to Bu Iyat Komala,M.Kom yang sudah memberikan tugas ini.

RUANG LINGKUP

  1. Aplikasi digunakan secara tidak online dan dipergunakan hanya disuatu tempat tertentu yakni ditempat Reservasi Penjualan Tiket Pesawat Terbang.
  2. Login ke system dilakukan oleh Teller Reservasi dan Passengger untuk masuk ke Aplikasi. Passengger Login bisa masuk system apabila sudah memiliki tiket sehingga secara otomatiis sudah terdaftar ke system dan Paseengger terbatas hanya bisa mengakses Informasi data Penerbangan serta Validasi Tiket untuk membatalkan tiket untuk penerbangan meskipun tiket sudah dimilikinya.
  3. Aplikasi digunakan untuk seluruh maskapai penerbangan, sehingga Teller reservasi bisa menjual tiket seluruh maskapai penerbangan berbagai route Nasional.
  4. Passengger Login menggunakan No.KTP dan No.Tiket, sedangkan Teller Reservasi menggunakan No.ID dan Password.

TUJUAN

  1. Memberikan kemudahan Teller Reservasi Penjualan Tiket Pesawat terbang untuk memberikan pelayanan yang terbaik dalam pelayanan Penjualan Tiket.
  2. Mempermudah Teller untuk memasukan data Passengger pembeli tiket sehingga data yang diberikan tersimpan langsung dalam database Sistem secara terkomputerisasi untuk digunakan dalam data Tiket.
  3. Memberikan layanan kemudahan bagi Passengger untuk dapat memperoleh informasi yang akurat terkait dengan Data Penerbangan yang dijadwalkan.
  4. Memberikan akses penuh kepada para Passengger untuk dapat membatalkan keberangkatan penerbangan sehingga tiket yang telah dibeli bisa diuangkan kembali.

———————————————————————————————————-

DIAGRAM  USE CASE

Use Case Penjualan Tiket Pesawat Terbang

DIAGRAM ORM ( OBJECT RELATIONSHIP MODEL )

ORM Penjualan Tiket Pesawat Terbang

DIAGRAM  OBM ( OBJECT BEHAVIOUR MODEL)

OBM Penjualan Tiket Pesawat Terbang

SWIMLANE

Swimlane Penjualan Tiket Pesawat Terbang

CRC (Class Responsibility Collaborator) INDEX CARD

CRC Penjualan Tiket Pesawat Terbang

Demikian gambaran analisis pembuatan Aplikasi Reservasi Penjualan Tiket Pesawat Terbang yang akan dibuat berdasarkan metode Object Oriented.

About these ads

3 Responses

  1. Kang misi ya mw copy idenya tuk referensi tugas kuliah juga…

  2. Thanks atas rfrensi y,sngt m’bntu tgs Akhir sy :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: