Bangga Menjadi seorang Relawan PMI

Menjadi bagain dari sebuah organisasi kemanusiaan adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi diri saya. Ketika pertama kali mengenal organisasi ini banyak hal yang tidak diketahui, berbekal mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR di Sekolah, akhirnya saya tergerak untuk ingin lebih mendalami organisasi ini seperti apa kegiatannya, tujuan utamanya, serta banyak hal lain yang belum  ketahui. Palang Merah Indonesia atau orang sering menyebutnya dengan kata PMI adalah organisasi kemanusiaan yang selama ini saya ikuti, semenjak sekolah tahun 2000 di Sekolah Menengah Atas sampai sekarang masih aktif berkecimpung dengan organisasi ini.

Ok deh… sekarang saya akan bercerita sedikit menganiorganisasi ini. Mengenal PMI dimulai sekitar tahun 2000 pada saat saya menginjak di Sekolah menengah Atas, dimana pada waktu itu saya mengikuti organisasi ektrakurikuler PMR. Saya mencoba untuk mengikuti kegiatan ini karena ingin menambah suatu pengetahuan dan wawasan yang baru . karena memang sebelumnya selama SD hingga  SMP saya hanya mengenal dua organisasi ekstrakurikuler yaitu Pramuka dan Paskibra. Dua organisasi ini sudah saya kenal selama Sekolah SD dan SMP, Alhamdullilah dengan belajar berorganisasi selama itu banyak pengalaman yang saya peroleh termasuk pada saat itu kebetulan saya menempati posisi sebagai Ketua.  Rasa Ingin tahu yang tinggi menjadi semangat saya untuk ingin mengenal ilmu baru dalam pengalaman hidup, akhirnya pada saat masuk Sekolah Menengah Atas saya mencoba untuk masuk organisasi PMR dengan harapan mendapatkan suatu ilmu yang baru yang belum pernah saya ketahui.

Pengalaman  yang sampai sekarang menjadi sebuah pondasi  saya mencintai organisasi ini adalah yang paling utama tujuan organisasi ini sendiri, dimana organisasi ini adalah organisasi yang didirikan semata – mata berlandaskan atas dasar Kemanusiaan. Sebuah organisasi social yang  dalam kegiatannya mengedepankan rasa kemanusiaan, seperti  memberikan bantuan korban bencana, pelayanan social  masyarakat, serta banyak sekali hal lain kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh PMI.  Selain kegiatan tersebut diatas, untuk mempersiapkan para SDM PMI yang akan dipersiapkan untuk melakukan kegiatan PMI itu sendiri maka PMI banyak sekali melaksanakan Pelatihan – pelatihan dan Pendidikan bagi para Relawan PMI. Hal inipun menjadi bagian dari saya sebagai relawan PMI, sehingga sekarangpun di KSR PMI saya diberi amanah menduduki jabatan sebagai Wakil Komandan KSR PMI Kabupaten Sumedang.

Sebelum menjadi anggota Relawan KSR PMI, saya diwajibkan untuk mengikuti sebuah Pendidikan Dasar ( Diklatsar ) KSR PMI dan hal ini mutlak wajib harus diikuti oleh calon anggota Relawan PMI yang ingin bergabung dengan KSR PMI khususnya di Kabupaten Sumedang.  Nah… setelah mengikuti pendidikan Dasar tersebut aklhirnya sayapun syah menjadi anggota Relawan KSR PMI serta dilantik langsung oleh Ketua PMI Kabupaten Sumedang, he…. Senangnya……, akhirnya bangga juga menjadi Relawan.

Bagi  temen – temen yang ingin menjadi bagian dari relawan PMI, gini deh…. Saya kasih tau bagaimana caranya, diantaranya :

  1. Sebelum adanya penerimaan anggota Relawan KSR PMI, sebelumnya pihak PMI Kabupaten ditempat tinggal kamu akan menginformasikan adanya penerimaan calon anggota Relawan KSR PMI Kabupaten setempat.
  2. Udah ada pengumuman itu maka kamu  tinggal daftarin diri kamu di PMI Kabupaten setempat dan setelah itu kamu akan diberikan sebuah formulir pendaftaran calon anggota KSR.
  3. Apabila kamu memenuhi persyaratan yang telah ditentukan maka kamu akan dipanggil untuk mengikuti Pendidikan Dasar KSR PMI selama kurang lebih 10 hari atau bisa juga disesuaikan dengan kebijakan PMI setempat.
  4. Setelah mengikuti Pendidikan dasar maka kamu akan dilantik menjadi anggota Relawan KSR PMI Kabupaten tempat tinggal kamu dan akan mendapatkan kartu identitas Relawan PMI yang akan digunakan nantinya pada saat kamumelaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan PMI.
  5. Nah…. Untuk kamu yang berada di Perguruan Tinggi atau yang lagi Kuliah kalian bisa mendaftarkan diri kalian di KSR PMI Unit Perguruan tinggi setempat. Tapi memang tidak semua Perguruan Tinggi mempunyai UKM KSR PMI, jadi solusinya kalian mendaftar di PMI Kabupaten setempat.

Selain menanamkan jiwa rasa kemanusiaan kita, PMI merupakan wadah bagi kita untuk menambah wawasan yang lebih luas lagi. Karena Organisasi ini keberadaaannya  diakui oleh dunia internasional, maka tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan ilmu dari para Relawan – Relawan palang Merah yang ada di belahan dunia selain Indonesia.  SAYA BANGGA MENJADI RELAWAN PMI !!

Siamo Tuti Frateli !  ( Salam Kemanusiaan )

13 Responses

  1. gmana caranya jadi relawan PMI??

    • Untuk jd Relawan PMI sebearnya bisa menjadi beberapa jenis keanggotaan Relawan PMI, tapi itu semua sama” tetap posisinya sebagai Relawan PMI. Ada TSR ( Tenaga Sukarela ) nah… TSR ioni merupakan orang” yang peduli dengan PMI sesuai dengan keahlian dari relawan itu sendiri seperti Insinyur, Guru, Dosen, Wartawan, Pilot, Ahli bangunan, dll dan Relawan ini wajib mengikuti oRientasi Kepalangmerahan. ada juga KSR (Korps Sukarela) anggota ini nerupakan relawan yang khusus dididik dan dilatih terlebih dahulu sesuai dengan standarisasi PMI mulai dari Pengetahuna kpelangmerahan. Teknis dilapangan, Penanggulanagan BEncana, dll. Untuk jdi KSR bisa daftar di PMI kabupaten Setempat ato Perguruan Tinggi yang mempunyai Unit KSR. Selain itu adajuga PMR (Palang Merah REmaja), nah… koo anggota ini adalah anggotanya para Remaja yang berada di Sekolah” ataupun luar Lembaga Sekolah.
      Kesimpulannya… untuk jadi Relawan mas tinggal datang aja langsung ke PMI Kabuaten setempat, nah disana mas akan dpt penerangan yang lebih jelas mengenai Relawan ini. maksih ya mas… atas pertanyaannya… Salam KEmanusiaan.

  2. saya ingin bergabung saat ini saya berada diwilayah tangerang, bisa bantu saya mas ?

    • Untuk bisa menjadi Relawan PMI, silahkan mbak datang aja langsung ke markas PMI yang ada di kota mbak, bilang saja kalo mbak tertarik untuk menjadi relawan PMI, mdh”an bisa membantu ya,

    • mbak echa udah gabung? kalau belum bareng dong, mbak. saya di tangerang juga. mau gabung tapi grogi datang sendirian ke markas pmi-nya. hehe…

  3. klo kita tinggal di daerah A tapi mau daftar/bergabung dengan daerah B. boleh ga si kang?!

    • Klo daerahnya sering beraktifitas disana, contohnya Kuliah ato bekerja, kemungkinan bisa saja dan itu tergantung dari kebijakan manajemen Relawan disana, tapi gk da salahnya klo mencoba dulu. Semangat ya….!

  4. maf mau tanya kalau saya seorang karyawan bgaimana cara’y untuk menjdi relawan

    • untuk menjadi seorang relawan bisa dari mana saja mbk, mbk tinggal langsung datang aja ke kantor PMI terdekat dan disana mbk bilang mau menjadi relawan. kmungkinan mbk nanti akan ditempatkan menjadi TSR ( Tenaga Sukarela).

  5. maaf, kalau daftar jadi anggota pmi ada syarat tertentu gak??

    • untuk menjadi anggota relawan PMI memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon relawan, mbak bisa menghubungi PMI terdekat untuk mengetahui informasi lebih detailnya, mdh”an membantu ya mbk…

  6. kalau untuk menjadi TSR apa caranya juga sama..? saya kuliah jurusan keperawatan, kalau di TSR kegiatannya apa saja…?

    • TSR nantinya untuk menjadi anggota hanya mengikuti Orientasi PMI aja, tidak perlu Diklatsar.

      Kegiatannyanya nanti akan menyesuaikan sesuai denga kebutuhan PMI, tapi pada intinya hampir sama kegiatannya dengan KSR

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

