Peran Mahasiswa sebagai Identitas diri

Mahasiswa, ketika kita mendengar kata itu sudah barang tentu kita pasti membayangkan bahwa orang yang menyandang predikat sebagai Mahasiswa tersebut adalah orang yang mempunyai kelebihan, banyak orang yang mengatakan bahwa Mahasiswa adalah orang yang tahu akan segalanya, intelek, pintar, dan lain sebagainya yang sering dilontarkan oleh masyarakat tentang kelebihan Mahasiswa.

Mahasiswa banyak orang yang berpandangan bahwa mereka adalah agent of change, agent of future dan banyak sekali titel – titel yang disandang oleh Mahasiswa. Mahasiswa dianalogikan sebagai orang yang akan membuat perubahan besar dimasa yang akan datang, mereka adalah orang – orang yang akan membawa bangsa ini kepada suatu keadaan yang berbeda dimasa yang akan datang. Pertanyaannya adalah ” Sudahkan Mahasiswa mengetahui peranan dirinya terhadap identitas yang disandangnya ? “.

Kalau kita melihat keadaan bangsa dan negara kita akhir -a khir ini, baik itu kita lihat di media – media audio visual ataupun majalah dan koran – koran, kita sering melihat banyak sekali persoalan bangsa ini yang kita hadapi. Mulai dari panasnya gejolak politik bangsa, terjadi bencana dimana-mana, keadaaan masyarakat yang serba susah, banyaknya demonstrasi akibat kebijakan pemerintah yang kurang disetujui dan persoalan lainya yang sedang dihadapi oleh bangsa kita.

Setelah kita melihat keadaan bangsa kita ini apakah kita sebagai Mahasiswa  hanya diam melihat dengan mata buta tanpa peduli akan keadaan yang ada ?  Apakah kita hanya menjadi seorang penonton yang duduk menikmati sebuah pertunjukan negeri kita sendiri ? MAHASISWA !! ayo bangkit! apakah kita tidak malu dengan titel  sebagai calon – calon intelektual muda masa depan, orang yang membawa perubahan, harapan bangsa ? betapa malunya apabila kita hanya diam melihat ini semua.

Kita lihat sekarang ini banyak sekali kejadian – kejadian yang membuat malu identitas sebagai seorang Mahasiswa, disana – sini terjadi tawuran antar mahasiswa yang barang kali sangat ironis sekali bukan hanya tawuran antar perguruan tinggi malahan antar intern Mahasiswa kampuspun tawuran, dengan alasan yang tidak jelas dan tidak tahu akar permasalahannya seperti apa.

Dengan melihat fenomena ini, marilah kita sadar akan identitas diri kita sebagai Mahasiswa dimana kita adalah harapan semua orang yang nantinya akan menjadi seorang pemimpin yang akan membawa negeri ini kearah yang kita mau, apakah kearah kemajuan atau malahan sebaliknya kita membawa negeri ini kearah yang lebih buruk lagi. Marilah kita lihat negeri ini, apa yang bisa kita berikan untuk bangsa dan negeri ini dan jangan sampai menuntut apa yang akan diberikan bangsa ini untuk kita. MAHASISWA !! BERIKANLAH PERUBAHAN.

One Response

  1. menurut saya…….
    mahasiswa itu kebanyakan hanyalah sebuah sebutan untuk orang yang melanjutkan sekolahnya setelah jenjang sma, tp jarang sekali mahasiswa yang benar-benar menjadi mahasiswa n tidak dapat menunjukan kata “maha”_nya

    wakakak…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: