Analisis Situs www.adeksi.or.id

Analisis Situs ini merupakan salah satu bagian dari tugas Mata Kuliah IMK ( Interaksi Manusia Komputer ) STMIK Sumedang.

Dalam menganalisis sebuah situs internet, terdapat beberapa hal penting yang harus dijadikan sebagai patokan dalam menentukan apakah situs tersebut dapat dikatakan baik atau kurang baik. Dalam hal ini saya mencoba untuk membuat sebuah analisis situs berdasarkan pandangan yang saya miliki dengan acuan berbagai referensi artikel yang telah saya baca.

Desain sebuah situs secara garis besar dapat dilihat dari tiga aspek,yaitu : isi dan fungsionalnya, tampilan antar muka , serta teknik penyajiannya. Pada Analisis mengenai situs www.adeksi.or.id ini, saya akan menganalisisnya secara garis besar.

Situs adeksi.or.id ini adalah situs milik Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI), dimana ADEKSI sendiri adalah Organisasi otonom dan independen terdiri dari 90 DPRD Kota dari seluruh Indonesia.

 

Point Analisis yang saya buat adalah :

KELEBIHAN

1. Tampilan Menu

Pada situs ini, setiap deskripsi yang baik pada suatu menu atau fungsi telah dijelaskan dengan baik. Dalam hai ini pengembang menjelaskan setiap menu dan fungsinya dengan berurutan dan ” to the point”.

2. Update Isi Situs

Pada situs yang saya kaji ini, dipastikan bahwa semua informasi yang ada pada situs ini terUpdate, hal ini bisa kita lihat apabila kita Klik “Informasi”, tanggal berita-berita yang disampaikan adalah berita yang sedang hangat-hangatnya, meskipun berita tersebut dibuat dari referensi situs lain.

3. Default Halaman

Pada situs ini, nilai – nilai default sudah di set dengan baik, ini tentu saja sangat menguntungkan bagi pengguna. Salah satu contohnya yaitu menu “Berita” yang terdapat pada Berita Terbaru, nilai default untuk menampilkan berita – berita disusun dengan rapi diset berdasarkan tanggal berita tersebut ada.

4. Text

Penulisan text dari ini situs ini cukup baik, hal ini bisa kita lihat dari struktur bahasa dan textnya mudah dipahami oleh semua orang yang melihatnya.Warna textpun tidak terlalu mencolok sehingga tidak menggangu pandangan, besar kecil textpun diatur sedemikian rupa sehingga terlihat bagus.

 

 

KEKURANGAN

1. Home Page Identity Crisis

Halaman  utama dari situs ini tidak menjelaskan maksud dan tujuan serta apa yang akan diketengahkan dalam situs ini. Pada Halaman Utama situs ini hanya menampilkan berbagai macam berita sebagai tampilan utamanya, sehingga orang mungkin akan tidak tahu tujuan dari situs ini dibuat untuk apa, kalaupun ada kita harus meng-klik menu Tentang Kita“, hal ini akan membuat orang cenderung untuk malas melihatnya.

 

2. Isi Halaman belum selesai

Pada situs yang saya kaji ini, ada halaman yang terlihat belum selessai, hal ini akan dapat menyebabkan ketertarikan pengguna untuk situs ini menjadi berkurang. Untuk lebih jelasnya perhatikan pada halaman pada tombol ” Anggota “.

Dari halaman tersebut dapat dilihat bahwa isi dari anggota yang dibuat per daerah propinsi kota tidak ada. Menurut saya apakah pembuat  situs sengaja membuat halaman tersebut seperti itu? ataukah pembuat hanya ingin memperlihatkan bahwa anggota dari organisasinya banyak tapi kenyataannya tidak ? mudah-mudahan pihak administrator bisa memperhatikan hal itu.

3. Pencarian (Searching )

Kekurangan lain dari situs ini adalah tidak dimasukannya fasilitas “Search” pada halaman web, ini akan menyulitkan kepada pengguna apabila pengguna ingin mencari sesuatu yang ada pada situs tersebut kemudian tidak ada fasilitas yang Search, maka hal ini bisa membuat malas pengguna untuk mencari sendiri apa yang diinginkannya dan akhirnya pengguna menutup situs.

 

4. Warna

Apabila kita perhatikan dengan seksama, warna yang menjadi latar belakang situs ini terlihat buram dan kurang hidup, selain itu apabila kita perhatikan pada saat kita melihat situs ini dengan waktu yang agak lama kita merasa mata kita terasa lelah. Hal ini diakibatkan oleh warna yang melatarbelakangi situs ini terlihat mencolok dan buram sehingga lama – kelamaan mata kita terasa lelah.

 

KESIMPULAN

Setelah saya menganalisis dengan seksama akhirnya terdapat beberapa kesimpulan yang saya simpulkan :

  1. Sebuah situs akan terlihat bagus dan baik apabila dalam pembuatan desain situs tersebut direncanakan dengan baik dan matang.
  2. Pembuatan situs seyogyanya harus bisa menarik perhatian pengguna ataupun orang yang melihat situs dengan tampilan yang menarik dan beda dari yang lain.
  3. Dalam memakai background warna tampilan situs, terlebih adhulu kita harus bisa memahami karakteristik respon orang atau pengguna terhadap warna yang kita pakai, apakah sesuai atau tidak dengan keinginan para Pengguna.

 

PENUTUP

Sebelum berakhir, Saya teringat atas perkataan dari dosen saya Bpk. Dwi Yuniarto,M.Kom mengatakan bahwa dalam proses pembuatan desain program ataupun Situs yang sifatnya berinteraksi dengan pengguna, agar terjadi proses dialog yang baik maka kita harus bisa memahami watak dan karakter lawan dialog kita, artinya sebagai pembuat Program atau situs kita harus bisa memahami Psikologi manusia sebagi penentu keberhasilan interaksi.

Sudah sewajarnya apa yang dikatakan dosen saya tersebut bisa dijadikan sebagai acuan kita dalam membuat desain sebuah situs atau program.

Akhirnya dengan tidak mengurangi  rasa hormat saya terhadap pembuat situs yang saya analisis, saya meminta maaf apabila tulisan saya tidak berkenan atau menyinggung  kepada pembuat, ini semua semua adalah ketidaksengajaan.

Salam hangat  selalu untuk  anggota Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) dimanapun berada. Mudah – mudahan sukses selalu ada pada kita, amin.

 

Referensi :

  • Blog : www.uud.wordpress.com.
  • Materi Kuliah IMK, dosen Bpk.Dwi Yuniarto,M.Kom STMIK Sumedang.
  • Johnson,Jeff.2003. ” Web Blooper: 60 Common Web Designe Mistakes and How to Avoid Them “. Morgan Kaufmann Publisher.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: