Bukan Nilai Tapi Kreatif

Yang Penting Kreatif Bukan Nilai,

 

Oleh     : Oman Somantri

Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa STMIk Sumedang

 

 

Apabila ditanya kepada seorang mahasiswa perihal tujuan diakhir semester, pasti mereka akan menjawab dengan begitu percaya diri ” ingin memperoleh Nilai yang bagus ”, betul tidak ?

 

Nilai yang bagus merupakan ukuran subjektif penilaian dari sebuah pembelajaran semua mata kuliah di Universitas dan Sekolah Tinggi, bagus tidaknya prestasi seseorang ditentukan dari berapa besarnya nilai yang diperoleh. Mahasiswa yang pintar akan mendapatkan nilai yang baik, sebaliknya akan berbanding terbalik dengan mahasiswa yang kurang pintar pasti akan mendapatkan nilai yang  buruk, itulah realita fenomena yang terjadi sekarang terhadap Mahasiswa diseluruh Indonesia dan seolah – olah sudah menjadi sebuah paradigma kehidupan Mahasiswa mengikuti perkuliahan.

 

Mengikuti perkembangan dewasa ini, hampir diseluruh dunia orang menggembor – gemborkan nama era globalisasi dan teknologi, atau sering juga disebut Globalitation and Technologi Era. Pada era ini, dunia sudah dihadapkan pada permasalahan bagaimana menyikapi keadaaan yang penuh tantangan ini. Pasar bebas dan Kemajuan Technologi adalah main isu setiap negara dalam menyiapkan dirinya masuk kedalam era tersebut.

 

Negara kita sendiri Indonesia mulai berbenah diri untuk mempersiapkan masuk kedalam era ini, salah satu cara adalah dengan meningkatkan kualitas tingkat mutu pendidikan, jangan heran kenapa Menteri Pendidikan kita selalu memasang target nilai minimum pada saat kita ujian setiap tahunnya, It’s mean itu artinya negara ingin menjadikan Sumber Daya Manusia bangsa kita lebih baik dan bersaing dengan negara lain.

 

Tetapi yang menjadi permasalahan yang sebenarnya terjadi adalah sudahkan patokan nilai yang diperoleh dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan kita pada era tersebut dan dimasa depan? Benarkah nilai yang diperoleh bisa menjamin kita  bisa membuat suatu dimasa itu?, contoh kecilnya adalah bersaing membuat lapangan pekerjaan ,peningkatan teknologi ataupun bersaing mendapatkan pekerjaan disalah satu perusahaan terkemuka? Ternyata jawabannya tidak temen – temen. Pemerintah memang sudah berhasil membuat standar mutu kualitas pendidikan kita dalam menghadapi era globasisasi dan kemajuan teknologi lebih maju sedikit, tetapi perlu diingat yang paling menentukan keberhasilan itu semua adalah tergantung dari diri kita sendiri akan dibawa kemana kualitas mutu pendidikan yang diperoleh tersebut. Hal itulah yang mesti kita sikapi bersama  sejauh mana kita bisa mendayagunakan prestasi yang kita peroleh dapat diimplementasikan kedalam realita hidup di era tersebut sebenarnya.

 

Dikehidupan nyata, nilai bukanlah yang menjadi patokan utama untuk bisa menjadikan orang berhasil. Banyak orang pintar tidak bisa me-manage kepintarannya, malahan banyak orang yang  kurang pintar dan hanya mempunyai nilai pas-pasan bisa  menjadi orang yang berhasil. Kunci jawaban yang paling sesuai adalah Kreatifitas, dengan kreatif semua orang akan memperoleh apa yang diinginkannya.

 

Salah satu contoh konkrit, Penulis teringat pada salah satu teman penulis, semasa kuliah teman penulis ini adalah orang yang biasa – biasa dengan keadaan ekonomi yang sederhana. Saat kuliah hanya mempunyai nilai pas – pasan, paling tinggi range nilai yang didapat hanyalah B serta nilai IPK hanya 2,80,  berbeda dengan temannya yang pintar dan selalu mendapat nilai A dengan IPK yang lebih tinggi. Setelah lulus apa yang terjadi, teman penulis sekarang sudah menjadi seorang Manager disalahsatu perusahaan ternama, berbeda dengan temannya yang sekarang belum bisa berbuat apa – apa dan menganggur.

 

Kata – kata yang paling penulis ingat dari beliau adalah beliau mengatakan ” untuk menjadi orang yang berhasil sebenarnya bukan dilihat dari nilai yang tinggi ataupun nilai prestasi yang didapat pada saat kuliah, tetapi hal itu bisa diraih dengan Kreatifitas yang dimiliki oleh kita. Orang kreatif akan lebih dihargai daripada orang pintar tapi tidak bisa berbuat apa – apa akibat dari minimnya kreatifitas. Kreatif artinya menghasilkan sesuatu yang baru dan melakukan dengan penuh loyalitas atas apa yang muncul dari inspirasi kita. Hampir 99% perusahaan manapun diseluruh dunia menginginkan orang yang kreatif, buat apa pintar tapi tidak kreatif sama saja seperti orang yang hidup tapi tidak melakukan apa – apa ”, itulah kata – kata yang selalu penulis ingat.

 

Era globalisasi dan kemajuan teknologi berada didepan kita teman – teman, siap tidak siap kita harus bisa menghadapi tantangan ini. Mulailah latih diri kita untuk berkreatifitas dengan hal – hal yang kecil terlebih dahulu, sekecil apapun kreatifitas yang dibuat tentunya orang lain pasti akan appreciate menghargainya. New Chalenge Tantangan kedepan akan lebih kompleks, serta tidak menutup kemungkinan akan berbeda dengan apa yang kita bayangkan sebelumnya. The main Key from all of them is ” Creatif ”.

 

Satu point yang tidak kalah penting untuk kita renungkan selain berkreatif adalah Kejujuran (be Honest), setiap multikegiatan yang dilakukan seyogyanya ter-include kejujuran. Kejujuran sekecil apapun yang kita tanamkan dalam diri  semuannya merupakan Investasi dari sebuah keberhasilan.

 

Keberhasilan yang dicapai dimasa depan pasti akan menghadapi kendala dan tantangan yang tidak bisa kita diprediksi,Siapkah kita menghadapi tantangan ini dimasa depan ?, tentunya kita sebagai Mahasiswa yang notabene calon – calon intelektual serta agent – agent perubah (agent of change) negeri ini pasti tahu apa yang akan dilakukan kelak.

 

 

MARILAH KITA TANAMKAN KREATIFITAS DALAM DIRI SEJAK SAAT INI.

 

INGAT, TANTANGAN ADA DIDEPAN KITA TEMEN – TEMEN.

 

 

 

 

 

 

– ii –

One Response

  1. Sukses selalu dan kreatif banget….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: