Mengenal BPM STMIK Sumedang

Oleh : Oman Somantri

Ketua BPM STMIK Sumedang

BPM STMIK Sumedang itu apa ?

BPM atau Badan Perwakilan Mahasiswa STMIK Sumedang sebagai lembaga kemahasiswaan STMIK Sumedang tentunya mempunyai peranan yang sangat  penting, bagaimanapun juga BPM merupakan cerminan dari aspirasi Mahasiswa STMIK Sumedang terhadap apapun yang berkaitan dengan kemahasiswaan dan kelembagaan. Dalam pencapaian tugas dan fungsinya, selain berperan sebagai advokat bagi Mahasiswa juga berperan sebagai Badan Legislatif Mahasiswa yang mempunyai tugas sebagai badan pengawas terhadap kebijakan yang dilakukan oleh Senat Mahasiswa dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) STMIK Sumedang berupa pengawasan program kerja dan pengawasan penggunaan anggaran yang telah ditetapkan untuk dipergunakan sesuai dengan semestinya.

Organisasi BPM itu Gimana sich?

BPM STMIK Sumedang memiliki beberapa Komisi dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai lembaga legislatif Mahasiswa, diantaranya :

1. Komisi A, ( Pengawasan Senat )

Mempunyai fungsi dan tugas membidangi pengawasan terhadap kebijakan Senat Mahasiswa (SEMA), baik itu dalam membuat kebijakan maupun pelaksanaan program kerja.

2. Komisi B, ( Kesejahteraan dan Advokasi Mahasiswa )

Mempunyai fungsi dan tugas membidangi sebagai fasilitator aspirasi advokasi Mahasiswa STMIK Sumedang terhadap lembaga Sekolah Tinggi STMIK.

3. Komisi C, ( Kebijakan dan Peraturan )

Mempunyai fungsi dan tugas membidangi pembuatan ketentuan dan peraturan berupa kebijakan yang mengikat seluruh mahasiswa STMIK Sumedang yang akan disepakati antara BPM dan Senat yang kemudian disyahkan oleh Lembaga STMIK Sumedang.

4. Komisi D, ( Audit Keuangan )

Mempunyai fungsi dan tugas membidangi terkait pengawasan penggunaan keuangan yang dipergunakan oleh seluruh lembaga kemahasiswaan STMIK baik itu Senat maupun UKM, dengan mengaudit seluruh transaksi penggunaan keuangan yang digunakan.

Nah… dari Komisi – komisi tersebut dibentuk berdasarkan kebutuhan dan kondisi dari lembaga kemahasiswaan yang ada di STMIK, sehingga tidak menutup kemungkinan jumlah komisi tersebut bisa dikurangi ataupun ditambah sesuai dengan kebutuhan BPM disetiap kepengurusan.

Anggota BPM siapa aja?

BPM mempunyai anggota dari perwakilan Mahasiswa STMIK Sumedang, dimana diambil dari para perwakilan angkatan yang dipercaya sebagai perwakilan yang mewakili Mahasiswa angkatan dari tiap kelas.

Seberapa penting sih BPM bagi Mahasiswa?

Pertanyaan bagus, begini….. keberadaan lembaga kemahasiswaan BPM di STMIK Sumedang sangat penting sekali keberadaannya. Setiap Mahasiswa mempunyai hak untuk menyatakan pendapat, saran, dan kritik terhadap semua hal yang berkaitan dengan seluruh kegiatan civitas akademika kampus khususnya di STMIK Sumedang. Mahasiswa STMIK berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik dalam perkuliahan, fasilitator (dosen) yang berkualitas, tempat belajar mengajar yang baik serta kebebasan untuk berekspresi mengembangkan bakat serta minat sesuai dengan profesi yang akan disandangnya yaitu pakar IT serta banyak hal lainnya yang penting untuk dikritisi.

Nah… pertanyaannya siapakah yang akan menjadi mediator untuk menampung semua aspirasi mahasiswa tersebut? Jawabannya adalah keberadaan BPM sebagai Badan Perwakilan Mahasiswa STMIK Sumedang untuk menjadi perantaranya.

Mengkritisi adalah hak seluruh Mahasiswa demi kemajuan kita serta STMIK Sumedang kedepan, jadi…. Begitu pentingnya keberadaan BPM ditengah – tengah kita sebagai Mahasiswa STMIK Sumedang, semua yang akan kita aspirasikan diakomodir oleh BPM.

Gimana caranya menjadi anggota BPM?

Anggota BPM adalah orang yang terpilih dari sekian ratus Mahasiswa STMIK Sumedang yang mempunyai kemampuan untuk menjadi wakil Mahasiswa STMIK di BPM dari tiap angkatan. Untuk menjadi anggota kita harus mendapat mandat dari teman teman  kita seluruh mahasiswa yang ada di kelas, tiap kelas akan diminta untuk mewakili wakilnya di BPM yang dibuktikan dengan Tanda – tangan sebagai bukti bahwa dia telah memiliki mandat sebagai wakil dari kelasnya.

Tantangan Kita Kedepan !

Mahasiswa dituntut untuk bisa menjadi insan yang mempunyai kemampuan intelektual serta spiritual yang tinggi disetiap apapun yang dilakukannya. Sebagai  agent of change dimasa depan, mahasiswa mempunyai andil dalam setiap apapun untuk mengkritisi setiap hal yang menurutnya dianggap benar.

Jadi…. Kapan kita akan berkembang apabila kita hanya berdiam diri tidak melakukan sesuatu apapun ?

Jadilah menjadi seorang mahasiswa yang berkeyakinan untuk bisa memberikan kontribusi terhadap diri sendiri, orang tua, serta untuk orang lain yang membutuhkan keberadaan kita.

So…. Who’s the next of the challenge members BPM STMIK Sumedang ?


I will hope you guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: