10th Anniversary STMIK SUMEDANG Me With UTOPIA

Fhoto Bareng ” Pia “

 Tahun kali ini memang berbeda dengan tahun yang sebelumnya, setelah lengser dari Ketua BPM STMIK Sumedang karena masa tugas kepengurusan udah habis, akhirnya bisa juga konsen ngebantuin anak – anak Senat buat jadi panitia Ultah STMIK Sumedang yang ke-10, nama acaranya sih kita kasih  nama 10th Anniversary STMIK Sumedang. Banyak banget kegiatan yang kita laksanakan untuk menyambut Ultah kampus kita, mulai dari Campus to School, Seminar, Orasi Ilmiah dan yang paling ditunggu – tunggu oleh Mahasiswa STMIK adalah acara puncak dimana rencananya kita akan buat sebuah panggung besar  untuk acara konser Band – band Kampus kita Sendiri.  

Untuk acara puncak memang inilah yang paling banyak persiapannya, kita disini kerja ekstra untuk persiapannya menyiapkan segala sesuau yang akan kita gunakan untuk mendukung acara puncak itu. Untuk Band-band Kampus yang akan tampil sebelumnya diseleksi dulu oleh pihak panitia. Kita agak  surprise juga karena band kampus yang ikut seleksi buat acara puncak nanti lumayan banyak sekitar 50 band yang ikut. Karena kita menyeleksi band yang akan masuk ke acara puncak nanti sekitar 6 s.d 7 band makanya kita agak ekstra untuk menyeleksi band – band ini. Untuk acara puncak kita mengundang bintang tamu band yang cukup terkenal juga sih yaitu band ‘ UTOPIA’ , mudah- mudahan dengan kedatangan dari band ini menjadi satu semangat baru buat kita untuk lebih semangat lagi menyiapkan segala sesuatunya.  

Lagi di depan Panggung Utama..!

Kebetulan di kepanitiaan ini saya jadi LO untuk mendampingi band UTOPIA selama kegiatan acara puncak, nah…. Untuk itu… disini saya akan berbagi pengalaman dengan pembaca perihal pengalaman saya selama menjadi LO untuk mendampingi band ini mulai dari kedatangannya sampai perform tampil diacara puncak.  

Ehmmmm…. Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit  dulu tentang band ini yang saya rasakan selama bersama mereka seharian , ok gini….. yang pastinya sih mereka sudah terkenal…. Personilnya 4 orang…., punya vokalis namanya ‘ Pia ‘ cewek satu – satunya yang ada di band itu. Indra pegang Bass,  Dodo  pegang Guitar,           Tomy pegang Drum dan satunya lagi sebagai Auditional player yang pegang Guitar juga namanya         . Nah… udah lengkap kan ceritanya ? sekarang saya certain semuanya ok…! He…..  

Chek Sound dulu ah....!

 Sebelum kedatangan UTOPIA kita dikonfirmasi sama managernya bahwa band ini akan datang sehari sebelum pelaksanaan acara kira – kira hari selasa  malam tanggal 6an, tapi ternyata dirubah lagi katanya mereka akan datang pagi – pagi sekitar jam 8 pagi langsung dari Jakarta ke kampus STMIK Sumedang. Kebetulan saya masih ingat nama Managernya, kalo saya sih sering panggil dia dengan panggilan Kang Chepi, karena kebetulan juga memang band ini asalnya kan dari Bandung jadi kitapun ngak canggung karena sama – sama orang Sunda he….! Meskipun kedatangan band ini pagi harinya tapi tetap aja persiapan kita tetap siapkan sesuai dengan scenario yang udah kita rencanakan termasuk tempat intirahat penginapan band ini yang kebetulan penginapannya kita tempatkan di salah satu Vila Kampung Toga Sumedang. Untuk memastikan semua sarana dan prasarana nantinya udah siap, sebelum besoknya band UTOPIA datang kita malamnya mengecek dulu tempat penginapan yang akan kita tempati besok karena takut – takutnya belum siap dan masih ada kekurangan.  

Lagi Wawancara di STMIK RAdio

 Pagi hari yang cerah meskipun mata kita seperti orang Jepang karena kurang tidur semalaman persiapin  persiapan untuk hari H, he….!. akhirnya sesuai dengan jadwal band UTOPIA tiba di kampus STMIK Sumedang. Rencananya mereka akan Chek Sound dulu takut pas  nanti perform terjadi kesalahan teknis dengan alat yang dipakai. Aneh juga lho temen” ternyata pas personil Band ini datang banyak orang yang mengira kalo orang – orang yang datang ini bukan band UTOPIA. Gimana gk heran juga… pakaian yang dipakai para personil band ini tu ngak memperlihatkan kalo mereka ini band UTOPIA. Nah…. Baru setelah mereka perform buat Chek Sound dan mendengar suara Vokalis band ini akhirnya mereka semua ngumpul utnuk melihat performya, ya…. Meskipun dua lagu yang dibawakan tapi itu juga udah membuat anak” kampus salut juga sama suaranya, he he he!  

Fhoto bareng with STMIK Radio Crew

 Chek sound pun udah dijalanin, sesuai jadwal ,udah chek sound UTOPIA akan On air di Radio STMIK Sumedang. Dari pnggung utama mereka digiring kesuatu ruangan yang lumayan tidak terlalu besar tapi ya… lumayan lah… tepatnya di Ruang Siaran STMIK Radio buat diwawancara isama anak” penyiar radio STMIK. Diruangan ini mereka duduk dilantai sambil santai jawab semua pertanyaan yang ditanyain oleh anak” radio STMIK. Disini wawancaranya santai banget dan banyak juga candanya jadi kita semuapun banyak ketawa dengerin mereka jawab semua pertanyaan yang ditanyain anak” radio STMIK.  

Waktupun udah jam 9 pagi, sekitar 30 menit UTOPIA diwawancara sama anak” radio STMIK diruangan siaran radio nah…. Udah gitu kitapun langsung pergi ke satu radio lagi yang ada di SUmedang yaitu Radio RKS fm buat wawancara lagi. Karena saya jadi LO otomatis saya ma temen” yang lain yang jadi LO pandu mereka ke radio RKS fm. Kebetulan kita berempat naik kendaraan Roda dua, Deris dengan Saya, dan OSeu dengan temannya dari salah satu personil radio SMTIK  naik motor satunya lagi, jadi kita berempat yang jadi LOnya. Karena kita yang tahu jalan, makanya mereka ikut kita dari belakang.  

Lagi Istirahat di Kampung Toga

Istirahat di Penginapan Kampung Toga

 Suasana di RKS pun sama ramenya seperti pas lagi diwawancara di Radio STMIK, tapi menurut saya sih masih rame di STMIK karena banyak orang yang lihat jadi suasananya lebih rame. Hampir 30 menit kita diwawancara sama pihak RKS, sekitar jam 10an akhirnya kitapun sesuai jadwal berangkat ke penginapan untuk istirahat sejenak buat persiapan perform sore nanti. Karena kita ngak bawa mobil, seperti biasa…. kitapun didepan jadi pemandu pake kendaraan roda dua, hmm… kalo dipikir – pikir kita tu berempat kayak PATWAL aja ya, ha..! ha…! ha…!  

Memasuki daerah kawasan penginapan di Kampung Toga setelah sampai semua personil langsung masuk dan memasukan semua peralatan yang akan dipakai nanti, tapi sebelum kita sampai disana udah ada para Crew UTOPIA yang udah duluan sampe. Keakraban pun mulai tampak dari kita semua, yang saya salut dari para personil dan crew band ini mereka ternyata ramah – ramah semua, malahan saya sendiripun  buat  bicara dengan mereka ngak canggung. Malahan saya dan temen” yang jadi LO panggil ke mereka semua dengan panggilan Aa dan Teteh, jadi kitapun lebih akarab. Banyak pengalaman yang mereka kasih ke kita, yang saya inget itu waktu saya ngobrol dengan Basisnya dia bilang katanya “untuk menjadi sebuah Band yang terkenal memang perlu perjuangan yang sangat panjang dan tidak mudah juga, sebelum saya terkenal dulunya saya juga hampir sama dengan kebanyakan para band yang baru belajar penuh dengan cacian dan hinaan dari orang menyudutkan band kita gak punya nilai jual, tapi akhirnya setelah kita buktikan bahwa kita juga mampu untuk menjadi band yang berkualitas ya… akhirnya alhamdulillah kita jadi seperti sekarang ini, Tapi kunci yang paling penting untuk kita bisa menjadi seperti ini adalah disiplin dan konsern terhadap apa yang kita geluti dan jangan setengah – setengah”. Itulah kata – kata yang selalu diingat saya pas waktu ngobrol” dengan dia.  

Wawancara di Radio Citra FM

Kira- kira hampir jam ½ 3 sore setelah kita makan bersama dan istirahat selama 4 jam, semua Crew dan personil UTOPIA termasuk saya dan temen” yang lain langsung meluncur ke Kota Sumedang. Kali ini untuk para Crew lebih dulu ke lokasi kampus STMIK tapi untuk para personil ada tugas satu lagi buat wawancara dengan salah satu Radio yaitu radio Citra yang letaknya tidak jauh dari kawasan kampus STMIK. Wawancarapun berlangsung santai dan penuh keramahtamahan, sebelum diwawancara kita diterima langsung oleh Ibu Haji istri pemilik radio ini. Suatu ruangan yang lumayan cukup  besar ditempati oleh  para personil UTOPIA, nah… disinilah merekan diwawancara, ha…!      Ha…..! ha….! Kayak sidang ya ? he….  

Siap -siap Perform

 Setelah 30 menit diwawancara, setelah kita kooordinasi dengan temen” panitia lain yang ada dilokasi Kampus untuk melokalisir jalur yang akan dilewati oleh kita karena takut terjadi keributan, akhirnya sekitar jam 4 sore kita meluncur ke lokasi kampus. Pemandangan  pertama yang saya liat pas sampe kampus adalah disana kita udah ditunggu banyak banget penonton yang pengen liat perform UTOPIA. Hmm…..!  pemandangan yang sangat menakjubkan, palagi pas kita lewat didepan mereka banyak jeritan – jeritan yang rasanya seperti apa… gitu, Salut deh buat UTOPIA. Dengan kawalan yang cukup agak ketat akhirnya saya bersama panitia lain bisa memasukan para personil band kesebuah ruangan yang letaknya dipinggir panggung, disebuah gedung yang bertingkat tiga jadi para penonton selain panitia gak bisa masuk keruangan ini.  

Lagi Perform di depan Penonton...!!

 Sebelum perform mereka istirahat dulu sejenak diruangan yang udah dilokalisir itu sambil persiapin  segala sesuatunya termasuk melakukan pemanasan dulu dan minum secukupnya takut dehidrasi. Begitu  penampilan band PENTAGON udah selesai, akhirnya tiba saatnya UTOPIA untuk perform unjuk  kebolehan didepan para penonton yang sudah lama menunggu perform mereka. Meskipun hujan cukup deras mengguyur lapangan disekitar panggung, tapi itu semua ngak membuat para penonton untuk meninggalkan tempat karena saking pengennya liat UTOPIA perform.  

" Pia " Tampil Brow..!!

 Beberapa lagu andalan UTOPIA dinyanyiin semua  dibarengi suara teriakan – teriakan para penonton yang hadir dilapangan STMIK Sumedang yang liat perform band ini. Sepertinya semua lagu yang dibawakan oleh ‘Teh Pia’ he…! Maaf deh… maklum…. soalnya selama kita dipenginapan saya dengan empat orang teman yang jadi LO selalu panggil ‘Teh Pia’ kalo kita lagi ngobrol – ngobrol. Semua lagu yang dibawakan ternyata mengundang decak kagum para penonton yang liat, terlebih pas ‘Pia” vokalisnya bawain suasana untuk ngajak para penonton nyanyi bareng, huih….! Top banget deh!  

Bassis Tampil Keren abiez....!!

Gitaris Keren...!!

Gitaris mantabz.....!!

 Sekitar 12 lagu dibawakan oleh UTOPIA seolah – olah semua penonton ngerasa pengen terus tuk liat penampilan band ini sampai akhir, gimanapun juga semua orang yang hadir merasa terhibur dengan penampilan mereka. Setelah selesai perform mereka dibawa keruangan Kantor Lembaga, disana mereka diperkenalkan dengan para petinggi STMIK Sumedang termasuk Ketua STMIK Sumedang Bpk. Drs.Daddy Mulyadi,MM. Di ruangan Lembaga, acara pemotongan tumpeng pun dilakukan, tapi kali ini tumpeng dipotong sama Drumer UTOPIA, he….! Maklum… karena ternyata Drumer UTOPIA ini dulunya semasa kuliah tu  temannya Pak.Uthe salah satu Dosen STMIK Sumedang yang sekarang juga menjabat sebagai PK.II STMIK Sumedang. 

Drummer in action!!

Setelah semua ritual acara selesai dilaksanakan dan makan – makan bersama di Lembaga, tiba saatnya UTOPIA untuk meninggalkan kampus STMIK Sumedang. Sekitar jam 8 malam UTOPIA meninggalkan kampus STMIK Sumedang, dan rencananya katanya mereka akan langsung ke Jakarta untuk ngehadiri acara yang lain disana. Hmm…. 

Rasanya gimana ya, kayaknya banyak sekali pengalaman yang didapatkan dari semua yang udah kita berempat jalanin bareng mereka. Kita banyak ilmu dari mereka, mereka ramah – ramah dan yang paling salut ke mereka adalah mereka tidak menunjukan keartisan mereka, ternyata didepam kitapun mereka seperti biasa layaknya teman. Hatur nuhun ah Akang sareng Teteh, mudah – mudahan lain waktos tiasa pependak deui. 

SUATU PENGALAMAN YANG TIDAK AKAN PERNAH TERLUPAKAN ! 

Ini dia fhoto – fhoto seharian dengan UTOPIA : 

Smile....! with " Pia "

Fhoto bareng Gitaris....!!

  

Drummer man....!!

4 Responses

  1. kata orang, waktu STMIK ngadain acara audisi band. GOSIPNYA, stmik hanya sekedar mencari dana untuk kepentingan anniversary dengan mengadakan audisi band. Karena yang mereka tahu, yang lolos untuk ikut manggung bareng UTOPIA hanyalah orang dalam saja(anak STMIK)>>>

    • Sebelumnya saya ucapkan terima kasih sudah memberikan komentar kang,saya sangat senang sekali. wah… sepertinya Kang Galz salah banget kalo meburut akang Audisi itu digunakan hanya sekedar cari dana apalagi hasil dari audisi Band – band tersebut yang lolos ikut bareng UTOPIA hanyalah orang dalam. Qta mengadakan audisi itu memang bener” dengan tujuan ingin memberikan kesempatan kepada para pendatang band” baru untuk ikut bsa tampil dalam kegiatan yang kita laksanakan. Terus terang aja kang, sebenarnya saya sendiri yang menjadi pengawas kegiatan itu, karena kebetulan saya sendiri masih menjabat Ketua BPM STMIK yang bertugas untuk mengawasi seluruh kegiatan yang dilaksanakan.
      Apabila ada orang yang mengatakan band- band yang tampil adalah band dalam semua, sungguh sangat salah sekali. Buktinya qta bisa liat dipelaksanaan kegiatan itu band-band yang tampil memang semuannya adalah hasil audisi yang telah dilaksanakan baik itu band dari luar kampus atau jg dalam kampus yang memang semuanya adalah hasil audisi yang lolos. Mudah”an semua yang kita laksanakan qta bisa perbaiki dikemudian hari, hatur nuhun kang….

  2. Bang aq trut bangga karena d web abang da materi kepalang merahan

    aq dari PMI Kab. Pamekasan

    • Trima kasih mas…, iy sebenernya materi itu dimasukan karena selama ini sebelumnya saya selalu kesulitan buat dapetin materi terkait kpalangmerahan. Setelah saya cari” ternyata saya dapat mas, nah… tuk bisa mengakomodir temen” Relawan lain yang mungkin kesulitan mendapatkan materi ini, jadi saya posting masukan materi Kepalangmerahan.
      Mudah”an ja terbantu mas, saran dan masukannya ditunggu lagi ya mas… Hatur nuhun….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: