Installasi Joomla pada Localhost

SHARE PENGALAMAN !!

Artikel ini sebenarnya dibuat sebagai sharing ilmu saja untuk temen” Mahasiswa Teknik Informatika yang pengen buat Web dengan platfom CMS khsunya Joomla, artikel ini  dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, jdi…. kalo ada kata”nya yang kurang pas maaf ya…, he….! tank’s to Dosen STMIK Sumedang yang udah Support.

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat awam terhadap seorang Mahasiswa informatika adalah “ bisa ngak dibuatin Situs Web buat kita, kita pengen punya situs sendiri ?”, pertanyaan itulah yang sering kita temui. Pernyataan ini menjadi satu spirit untuk kita bahwa fenomena tersebut harus kita hadapi, tantangan untuk kita sebagai seeorang Mahasiswa Teknik Informatika.

Disini saya akan memberikan sharing ilmu mengenai cara instalasi pembuatan Situs Web yang berbasiskan CMS, dimana hal ini merupakan pengalaman saya pada saat menginstalasinya. Saya  akan menggunakan JOOMLA versi 1.5 sebagai  platformnya dengan sistem localhost sebagai webhosting servernya. Hal ini saya angkat karena untuk membuat sebuah Web sebelum kita upload ke web Hosting server secara online maka pembangunan web tersebut alangkah baiknya terlebih dahulu menggunakan localhost sebagai media pembangunan web sebelum di upload ke server online agar dapat di browsing oleh orang lain.

Sebagai media penyimpan data dan sementara pada PC secara offline localhost maka kita menggunakan Software “ xampp-win32”  dengan versi beragam, disini saya akan menggunakan xampp versi 1.6.7 serta firefox 3.0.1 sebagai browser. Untuk mendownload xampp silahkan klik disini, dan untuk download firefox klik disini.

Sebelum kita menginstall Joomla maka terlebih dahulu kita installkan xampp dan firefox ke PC kita, pastikan kedua software ini sudah terinstall semua.

Setelah terinstall, kemudian anda buka xampp dan akan tampil seperti dgambar dibawah ini. Kemudian anda klik “Start” pada Apache dan MySql sampai ada tulisan Running, lihat gambar.

Setelah semua anda lakukan hal-hal diatas maka tahapan awal sudah anda lakukan,  selanjutnya kita lakukan installasi Joomla. Apabila anda belum mendownload Joomla maka anda bisa mendownload CMS tersebut disini. Setelah anda download karena hasil download adalah bentuknya Rar, maka ini dari Joomla ini berda didalam file rar tersebut seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya buatlah sebuah folder di  C:\xampp\htdoct\.. dengan nama folder “joomla” , atau ditempat installasi dimana xampp ini tersimpan tergantung anda menyimpannya., tetapi dalam hal ini saya menyimpan installasi xampp tersebut di C:\xampp\ . Kemudian anda ektract file rar tersebut dengan lokasi file di C:\xampp\htdoct\joomla sehingga hasil file ekstract akan tersimpan di C:\xampp\htdoct\joomla.

Apabila tahapan diatas sudah dilakukan maka anda tinggal beberapa tahap lagi untuk dapat menginstall Joomla. Berikutnya adalah membuat database yang nantinya akan dipakai untuk menyimpan data yang kita buat dalam Web tersebut, yang dalam hal ini adalah Joomla. Untuk membuat database tersebut adalah dengan cara anda browse ke alamat url http:/localhost/phpmyadmin/ seteal itu anda melihat tampilan seperti gambar dibawah ini, kemudian anda buat database dengan cara isi kolom “create new database” kemudian klik Create. Sekarang saya akan mencontohkan nama database adalah “joomla”.

Apabila anda telah membuat database dan sukses maka database anda akan terlihat di c:/xampp/mysql/data/ (nama database anda), silahkan cek terlebih dahulu.

———————————————————————————————————————

———————————————————————————————————————

INSTALL  JOOMLA

Tiba saatnya kita install joomla pada PC kita dengan menggunakan localhost sebagai web hostingnya, pertama anda buka aplikasi mozila atau yang sejenisnya kemudian ketikan alamat url http:/localhost/joomla/installation/index.php pada alamat browser anda. Setelah itu akan akan tampilan seperti berikut, pilih bahsa yang akan diInstall kemudian klik Next.

Setelah itu akan tampil pengecekan preinstall joomla , Klik Next

Klik Next lagi, akan menampilkan tampilan seperti gambar.

Setelah itu akan tampil tampilan untuk pengisian database Configuration dimana disini anda akan mengisikan beberapa data, isi Host Name dengan “localhost”, usernameroot”, password anda kosongkan dan database name anda masukan”joomla” sesuai dengan database yang telah kita buat tadi di PHPMyAdmin. Klik Next

Setelah itu akan tampil FTP Configuration, kita abaikan saja tampilan ini kemudian Klik Next

Kemudian masukan Setting configuration dengan nama Site Name (nama situs) anda, your email dengan alamat email anda, dan password sesuai dengan yang anda inginkan begitu juga dengan confirm password samakan dengan password yang anda buat tadi. Jangan lupa anda Klik “Sample data “  kemudian klik Next.

Apabila Installasi selesai dan berhasil maka aka nada tampilan seperti dibawah, setelah itu anda pilih “Site” dipojok kanan atas dan Klik.

Disini anda tidak akan langsung bisa melihat tampilan situs web yang telah anda buat tadi, disini anda kan diminta untuk men-delete sebuah folder dengan nama  installation pada joomla yang ada pada xampp.

Delete  folder “Installation” pada folder joomla, seperti gambar dibawah.

Apabila anda telah selesai men-delete folder Installation. Kemudian anda buka kembali browser anda dengan mengetikan http:/localhost/joomla/ maka tampilan web yang anda buat akan tampil seperti dibawah. Tampilan ini adalah tampilan standar yang akan anda edit selanjutnya.

Untuk masuk ke administrator, anda tinggal mengetikan http:/localhost/administrator/ kemudian anda masukan usernameadmin” dan password sesuai dengan password yang anda buat pada saat configurasi.

Setelah login akan tampil tampilan administrator yang akan anda configurasi nantinya, apah untuk membuat Posting ataupun halam serta desain Theme web sesuai dengan yang anda ingin.

Wah… selamat deh… buat temen” yang udah bisa buat web sendiri, tapi ingat bahwa pengalaman ini tidak akan berharga apabila kita tidak melatihnya terus- menerus. Salam hangat to Mahasiswa STMIK Sumedang Teknik Informatika, Bravo!!

4 Responses

  1. Artikel menarik
    lanjut bos..

  2. Geuning lieueuerrr…macana oge….???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: