Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh

Terkadang bagi sebagian orang memandang bahwa hubungan jarak jauh itu adalah suatu hubungan yang rentan akan putusnya suatu hubungan. Hubungan ini terjadi antara dua orang yang saling mencintai dan menyayangi laki – laki dan perempuan. Hubungan mempunyai keunikan tertentu apabila dibandingkan dengan huibungan seperti biasanya, keunikannya adalah hubungan ini mempunyai karakteristik tertentu, seperti :

  1. Hubungan terjalin antara dua orang yang saling mencintai dengan domisili tempat tinggal dua orang ini saling berjauhan, bisa dikatakan juga tempat tinggal satu sama lainnya berjauhan seperti halnya luar kota. Satu orang di kota A, dan yang lainnya dikota B ataupun beda Negara.
  2. Intensitas bertemu kedua orang ini sangat sedikit, bisa seminggu sekali ataupun bisa sebulan sekali, bisa juga malahan setahun sekali bisa bertemu.
  3. Komunikasi yang terjalin hanya dengan surat atau dengan bertelepon untuk melakukan komunikasi. Terkadang juga komunikasi tidak dilakukan karena saking jauhnya jarak antara dua orang yang saling berhubungan tersebut.

Sekarang…. Apa sich yang menjadi kelemahan atau hal yang sering terjadi apabila melakukan hubungan berpacaran jarak jauh, pengalaman tentunya adalah guru yang paling sangat berguna. Sesuai dengan pengalaman penulis maka hal yang sering terjadi dari hubungan ini diantaranya :

  1. Sering terjadi adanya rasa curiga yang berlebihan, terlebih apabila salah satu pasangan adalah orang banyak disukai oleh orang lain sehingga menimbulkan rasa curiga kalau – kalau pasangannya selingkuh.
  2. Sering terjadi adu argument pendapat terlebih apabila salah satu pasangan merasa tidak percaya denga apa yang diucapkan oleh pasangannya.
  3. Mempunyai rasa kangen yang berlebih terlebih apabila pasangan tersebut durasi untuk bertemunya agak lama.
  4. Adanya rasa mengarah kepada kejenuhan, disini kita harus hati jangan sampai hal – hal yang dianggap tidak mencerminkan kesetian terjadi, contohnya selingkuh! Jangan sampe lho…!!

Disini penulis akan mencoba memberikan beberapa tips bagaimana hal yang seharusnya dilakukan dalam menjalankan hubungan jarak jauh ini. Penulis mengalalami hubungan jarak jauh ini kurang lebih sudah 5 tahun brhubungan dan Alhamdulillah sampai sekarang masih langgeng, dan mudah-mudahan saja sampai akhirnya kami menikah nantinya amin…. Berikut ini adalah beberapa pengalaman penulis dalam menjalankan hubungan jarak jauh, diantaranya :

  1. Menjalankan hubungan jarak jauh harus dibarengi dengan kepercayaan antara kedua belah pihak pasanngan. Dengan kepercayaan bahwa pasangan kita akan menjaga kepercayaan kita maka tidak mungkin akan terjadi perselisihan, kalaupun ada dengan rasa kepercayaan ini perselisihan akan mudah terpecahkan dan bisa diatasi.
  2. Memberikan kebebasan yang bertanggungjawab kepada pasangan kita terhadap apa yang dilakukannya, Terkadang karena kita memandang bahwa pasangan kita adalah milik kita maka apapun yang dilakukan oleh pasangan kita karena bertentangan dengan kita maka pasangan kita tidak boleh melakukan apa yang seharunya dilakuakn dan hal ini akan menimbulkan konflik diantara pasangan.
  3. Menhargai apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pasangan, hal ini apabila tidak dilakukan maka akan berdampak seolah – olah pasangan kita terkekang oleh kita dan akhirnya menimbulkan rasa ketidaknyamanan dalam berhubungan meskipun tujuan dasarnya demi kebaikan.
  4. Menjalankan hubungan dengan selalu menempatkan rasa positif thinking terhadap pasangan kita, hal ini akan memberikan rasa ketentraman hati kita terhadap hubungan jarak jauh yang dijalankan.

Dengan melihat konsekuensi ini, apakah anda siap untuk menjalani sebuah hubungan jarak jauh ? menurut saya hubungan apapun yang anda jalankan tentunya dengan niat yang ikhlas dan rasa kepercayaan serta rasa sayang yang anda berikan terhadap pasangan anda maka hubungan anda Insya Allah akan langgeng, amin….. meskipun terdapat beberapa konflik kecil, saya yakin anda pasti akan bisa memecahkan kanya bersama. Saya do’akan anda menjadi pasangan yang langgeng, amin…!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: