My Experience Event dengan MUGI Sumedang

My First Event With MUGI Sumedang

—————————————————————

Crew MUGI Sumedang

Sepertinya dalam kehidupan sehari – hari salah kalo kita bilang tidak pernah menggunakan teknologi , kenyataannya sekarang setiap apapun yang kita lakukan pasti memakai teknologi. HP atau TV contohnya saja kayaknya seperti sudah menjadi suatu kebutuhan primer kita, betul tidak…! he… memang bener juga kalo kita pikir – pikir teknologi ini bisa jadi mendominasi setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Terkait dengan dunia IT yang semakin lama semakin berkembang menjadi suatu tantangan tertentu bagi kita untuk bisa mengimbanginya, ya… minimal kita mengenal atau barangkali kita bisa menggunakannya abarngkali sudah cukup bagi kita dalam mengenal teknolgi tersebut.  MUGI ( Microsoft User Group Indonesia ) Sumedang, atau bisa dibilang kelompok Grup Pengguna komputer berbasis Microsoft yang berada di wilayah perwakilan Sumedang,baru – baru ini mengadakan beberapa kegiatan Seminar dan Pelatihan mengenai perkembangan teknologi komputer kepada para Mahasiswa dan para Siswa Sekolah Menengah. Kegiatan ini memang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi para mahasiswa serta para siswa sekolah untuk lebih mengetahui perkembangan teknologi komputer yang ada sekarang.

Saat jadi pembicara Seminar MUGI

Selama ini alhamdulillah penulis menjadi bagian dari anggota MUGI Sumedang, dengan harapan bahwa ilmu yang dimiliki penulis dengan bergabungnya dengan Grup ini dapat bertambah dan dapat mengembangkannya untuk diri penulis dan mudah-mudahan saja bisa ditransferkan kepada orang lain. Kegiatan Pertama Penulis dengan MUGI Sumedang adalah kegiatan Seminar di salah satu sekolah Menengah Kejuruan di Sumedang, SMK Muhammadiyah  Sumedang adalah tempat event pertama MUGI Sumedang Goes to Schooll. Nah… orang – orang yang ikut dari MUGI Sumedang sendiri hanya 7 orang termasuk penulis sendiri, kegiatan ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB sampai dengan 13.30 WIB.

Kegiatan yang dibuka oleh pihak sekolah  dalam hal ini dibuka oleh Wakasek Kesiswaan akhirnya kegiatan Seminar ini dibuka, kegiatan diikuti oleh sekitar 80 orang Siswa Sekolah SMK Muhammdiyah Sumedang.

Di Seminar kali ini penulis sendiri menjadi salah seorang pembicara seminar dan membawakan salah satu materi, nah.. lebih lengkapnya ni… nama orang – orang yang menjadi pembicara tersebut, diantaranya… :

• Pengenalan MUGI oleh David Setiadi (Ketua MUGI Sumedang)

• Windows 7 oleh Irfan Fadil

• Office 2010 oleh M.Agreindra

• VS.2010 oleh Oman Somantri ( Penulis sendiri )

• Expresion Blend dan Silverlight oleh David Setiadi

MUGI Sumedang at SMK Muhamadiah

Dengan keterbatasan waktu akhirnya alhamdulillah semua materi dapat tersampaikan, meskipun terdapat beberapa materi yang belum bisa disampaikan tapi semua kegiatan dapat berjalan dengan lanca r dan berhasil. Sungguh pengalaman pertama yang sangat mengesankan, dengan segala keterbasan yang dimilki penulis serta  sedikit ilmu yang dimiliki, penulis berusaha menyampaikan materi dengan sebaik – baiknya. Salut bgt  untuk anak” MUGI Sumedang, dan juga SMK Muhammadiyah Sumedang yang sudah memfasilitasi kami.

Bravo.. !!  SMK Muhammadiyah Sumedang.

——————————————————————————————————

2nd Event Mugi Sumedang

Untuk yang kedua kalinya akhirnya pada tanggal 23 Oktober  2010 penulis dengan temen”  MUGI Sumedang bisa melaksanakan kagiatan kembali, untuk kali ini MUGI Sumedang mengadakan kegiatan Seminar dan Pelatihan di SMA PGRI Situraja Sumedang. Peserta yang akan kita beri materi adalah para Guru SMA PGRI serta sebagian dari Siswa SMA PGRI Situraja itu sendiri. Berbeda dengan kegiatan yang lalu, disini ditambahkan dengan Pelatihan tidak hanya seminar, hal ini dilakukan karena sesuai dengan permintaan pihak sekolah bahwa Sekolah mengharapkan selain mengetahui perkembangan dunia IT diharapkan juga dapat mempraktekannya langsung dengan latihan. Pada kesempatan ini kenapa pesertanya para Guru, Kepala SMA PGRI mengatakan bahwa bukan hanya para siswa yang dibekali dengan pengetahuan teknologi ini tetapi Guru pun harus bisa, karena nantinya Guru harus dihadapkan pada kenyataan bahwa dalam proses belajar mengajar Guru harus dapat menggunakan  teknologi komputer dan IT yang telah disediakan oleh Sekolah, harapannya dengan Seminar dan Pelatihan ini outputnya adalah Guru sedikitnya bisa menerapkan teknologi komputer dalam proses belajar mengajar.

Anggota MUGI yang hadir dalam Seminar dan Pelatihan ini sekitar 10 orang, hal ini dikarenakan terdapat beberapa orang yang tidak bisa hadir dikarenakan ada halangan karena terdapat beberapa pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Kali ini penyampaian materi oleh MUGI terkonsentrasi pada Ms.Office, meskipun terdapat beberapa materi lain disammpaikan seperti pengenalan Windows7, serta pengenalan MUGI itu sendiri.

Seperti biasa…., nie dia para pemberi materi dalam seminar dan pelatihan kali ini, diantaranya :

• Pengenalan MUGI oleh David Setiadi, S.Kom (Ketua MUGI Sumedang)

• Windows 7 dan Instalasi oleh Irfan Fadil, S.Kom

• Ms.Office ( Ms.Power Point ) oleh Moch.Irwan, S.Kom

• Ms.Office ( Ms.Word ) oleh M.Agreindra

• Ms.Office ( Ms.Excel)  oleh Oman Somantri ( Penulis )

Dengan waktu yang sangat terbatas akhirnya semua materi tersampaikan meskipun belum sempat semua materi diberikan karena keterbatasan waktu, mekipun demikian alhamdulillah berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan sedikitpun.

Fhoto bersama SMA PGRI Situraja

Yang sangat penulis salut dari Sekolah ini selama kegiatan berlangsung adalah khususnya kepada Ibu Kepala Sekolah SMA  PGRI Sumedang, beliau sangat banyak membantu dalam memfasilitasi kegiatan yang kita laksanakan. Beiau sangat bersemangat sekali dengan kehadiran kita dari MUGI Sumedang, karena beliau mengharapkan bahwa dengan kehadiran kita disana bisa dapat memberikan sebuah pencerahan kepada Sekolah untuk mendapatkan ilmu baru khususnya Teknologi Komputer IT sehingga para Guru dan Siswa Sekolah SMA PGRI Situraja Sumedang mempunyai sedikitnya kelebihan berbeda dengan sekolah lain, salut pada Ibu Kepala Sekolah SMA PGRI Situraja Sumedang dan sepertinya para Kepala Sekolah lain juga dapat mencontoh  Ibu Kepala SMA PGR Situraja ini lho… yang  mempunyai keinginan visi dan misi yang mulia terhadap sekolahnya, apalagi terhadap peningkatan pengetahuan dunia teknologi IT di sekolah.

SELAMAT kepada SMA PGRI Situraja Sumedang,

SUKSES !!  Temen” MUGI Sumedang, thanks a lot for your sharing experince.


9 Responses

  1. Hatur nuhun Yi.., hayu urang raketkeun tali silaturahmi diantara para alumni. Akang ngadamel blog teh kanggo media komunikasi khusus alumni. Diantos pisan artikel2na.
    Salam sukses !

    • Aduh asa bungah kang, mangga abdi ngiringan, panginten kanggo user na mangga ku akang email abdi di damelkeung kanggo janen autor atanapi editor supados abdi tiasa ngadamel artikelna.
      Nuhun kang tos diwaler, salam kanggo ka sadayana almuni nu aya di kampus akang.

  2. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

  3. Pami abdi hoyong ngiringan MUGI Sumedang, kumaha carana Kang?

    • Oh… sumping wae atuh ka event”na nu di ayakan ku MUGI Sumedang, panginten kanggo infona mah biasana di grup FB sok di informasikeun. mangga sumping wae…

  4. Nepangken nami simkuring jajang koswara alumni smkn 1 sumedang th 1982-1983 ayeuna simkuring buburuh di perusahaan swasta nu aya di propinsi kalimantan – selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: