APLIKASI DATA WAREHOUSE PADA SQL SERVER

Dalam kesempatan kali ini  penulis akan memberikan beberapa cara yang dipakai dalam pembuatan Data Warehouse, dimana konsep datawarehouse ini banyak sekali dipelajari oleh para Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika khususnya yang berkecimpung didalam dunia Database. Tulisan ini terilhami cie…. ! dari beberapa mahasiswa yang menanyakan kepada saya pada saat Praktek mata kuliah Data warehouse di lab komputer kampus STMIK Sumedang yang menanyakan kok yang saya error terus ya ?   Ya… meskipun tulisan ini belum sempurna tapi mudah”an temen” mahasiswa yang mempelajari sedikitnya mempunyai bayangan dan bisa mempraktekannya,  karena tahapan yang saya tulis disini sudah saya praktekan sebelumnya dan ternyata alhamdulillah berhasil.

Software yang dipakai dalam uji coba kali ini menggunakan SQL Server 2005 Developer dan Ms.Acces 2007 sebagai pembuatan awal Data Sumber . Meskipun demikian saya menyarankan untuk menggunakan SQL Server versi yang terbaru contohnya saja SQL Server 2008 atau SQL Server 2008 R2 serta yang terbaru sekarang adalah SQL Azura bisa temen” gunakan. Untuk pembuatan Database Data Sumber bisa temen” gunakan Ms.Acces  2003 keatas, tetapi yang terbaru adalah Ms.Acces 2010.

LET’S  TRY THIS DEMO !

Sebelumnya kita buat terlebih dahulu database di Ms.Acces dengan nama  “ DB Penjualan.mdb ”  dan diberi nama Tabel dengan nama  “Produk” serta beberapa Field seperti contoh dibawah ini beserta isi datanya.

Untuk selanjutnya kita buat database di SQL Server 2005 dengan nama database “ DATA_WAREHOUSE ” serta buat tabel  seperti dibawah ini :

Tabel_DimProduk

Nah… Persiapan udah kita siapkan, selanjutnya untuk bisa menjalankan proses ini maka terlebih dulu kita harus bisa mengInstall  SQL Server 2005, disini penulis tidak akan membahas proses tersebut.

Saya percaya deh… kalo temen” jago dalam pengInstallan he….!

—————————————————————————————————————-

FIRST STEP !!!

Setelah kita Install SQL Server,  maka ditampilan Start Menu kita akan terdapat program tersebut, ada dua  program yaitu Microsoft SQL Server 2005 dan Microsoft Visual Studio 2005 seperti yang terdapat dalam gambar dibawah .

A. EKSTRAKSI DATA

BUAT DATABASE DI SQL SERVER 2005

1.  Pilih Tolls yang terdapat dalam microsoft SQL server 2005 dengan nama SQL Server Business Intelegent Studio pada START menu. Untuk masuk kita harus Login terlebih dahulu dengan memilih beberapa pilihan diantaranya Server Type, Server name dan Authentication. Untuk kali ini dipilih piilihan Server namenya adalah XPWINDOWS7 sesuai dengan nama Server komputer pada komputer penulis sendiri, untuk Server name ini nanti tidak akan sama pada setiap komputer sesuai dengan nama komputer  kita. Setelah kita pilih kmudian kita Klik Connect utnuk masuk ke tampilan Utama.

2.  Setelah masuk kita buat Database dengan cara Klik Kanan pada Databases –>  Pilih New Databases

3.  Masukan nama database sesuai dengan yang kita inginkan, untuk kali ini saya menamakan databasesnya DATA_WAREHOUSE –>   Klik OK.

4.   Apabila berhasil maka nama databases yang kita buat tadi akan tampil dalam sebuah  folder sub dari Databases.

5.   Setelah database kita buat,langkah selanjutnya adalah kita membuat table. Untuk pembuatan table kita tinggal Klik kanan pada folder Table sub dari nama database kita tadi yaitu DATA_WAREHOUSE kemudian  –>  NewTable..

6.   Buatlah table dengan nama Tabel_DimProduk sesuai dengan data yang telah disebutkan diatas pada pendahuluan tadi.

7.    Awas hati – hati !!
Filed size yang kita buat harus sama dengan  ukuran field yang dibuat pada Ms.Acces, misalkan kalo filed Size “ ID “ pada Acces  ukurannya  10 maka pada SQL Server pun harus 10, demikian selanjutnya. Nantinya akan mengakibatkan pada saat koneksi akan mengalami error.

Berikut contoh table Produk yang kita buat dalam Acces.

———————————————————————————————————

Wah… memang pegel ya kalo Upload semua gambar satu – persatu, he…. !

Tapi bagaimanapun juga memang kalo qta ingin belajar ya seperti ini, kita belum mengerti belajar terus, tapi kalo kita memang sudah ngerti tidak ada salahnya kita berbagi ilmu dengan teman – teman kita.  SEMANGAT temen”…!

Untuk lebih lengkapnya nie…, temen” bisa download file sofcopy-nya disini, Saran dan masukannya ditunggu lho….

SUKSES SELALU UNTUK TEMEN – TEMEN  !!

Khusus untuk Ibu  Sri Bekti Handayani ,M.Kom dosen saya di STMIK Sumedang saya ucapkan terimakasih atas ilmu yang diberikan khususnya dalam mata kuliah ini.  Ibu Jangan marah ya bu… soalnya ada beberapa data yang saya ambil dari modul praktek ibu, he….!

SAlam Sukses untuk STMIK Sumedang, BRAVo…!!!

13 Responses

  1. mau nanya nich saya dah coba buat langkah2 yang ada pada jurnal selanjutnya bagaimana ya?
    tolong di bantu ya.

    • mbak download aja dokumen yang saya buat tutornya, ada link untuk download disana mbah dibagian bawahnya, mdh”an membantu. Makasih mbak… atas sarannya..

  2. mas minta software sql server 2005

  3. Mas,

    sayaada test menggunakan SQL Server 2008 R2, tetapi pada saat deploy Execute SQL Task ada error : There were errors during task validation.

    Ini kenapa yach ? Untuk koneksi ke server saya cek sudah benar semua.

  4. tu pkai OS Wind XP ato Wind7

    mksh

  5. terima kasih atas pencerahannya,saya sudah ada sedikit bayangan

    salam kenal🙂 UBL

  6. Tutorial ini membantu saya dalam sebuah tugas tentang Data warehouse Universitas. kali ini saya dalam problem bagaimana membuat Data Warehouse dengan koneksi data dari Excell yg bukan dari Microsoft Access. software yg digunakan adalah Microsoft SQL Server 2012 dan Visual Studio 2010. Smoga bisa membantu! Thx

  7. artikelnya bgus gan, sangat bermanfaat buat kita2 yg baca.. Mampir juga yuk ke blog saya.. Itung2 buat tuker ilmu di seputaran sql server , ini gan cekidot..http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/sqlhosting/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: