Belajar Menjadi Calon Guru Berkompeten

Pengalaman yang sampai sekarang tidak pernah dilupakan dan penasaran akan hal itu adalah ketika pertama kali ditawari untuk menjadi seorang guru, terlintas dalam pikiran saya apa memang saya ini pantas untuk bisa menjadi seorang Guru yang benar – benar memiliki jiwa sebagai seorang Guru. Pertanyaan pertama adalah “ Guru itu seperti apa?, tugas seorang guru itu apa aja?, yang paling menjadi PR sampai sekarang adalah sebenarnya untuk menjadi seorang guru itu kita harus memiliki kompetensi yang bagaimana dan lain sebagainya? “. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah pertanyaan mendasar bagi para profesional lulusan perguruan tinggi yang akademiknya bukan dari jurusan pendidikan, contohnya saja saya adalah lulusan dari jurusan Teknik Informatika yang notabene adalah pendidikan yang diarahkan pada bidang tertentu selain pendidikan.

Wah…. Pekerjaan yang memang berat ya apabila kita mengerjakan sesuatu yang bukan dibidang kita tanpa mengetahui pengetahuan dasarnya, memang dalam pelaksanaannya pada awal – awal akan mengalami sebuah masa adaptasi yang sangat agak berat tapi dengan kerja keras mempelajarinya pasti akan bisa. Saya teringat dengan kata – kata seorang guru yang sangat saya hormati namanya Bpk Dadan salah seorang Guru dari SMK Ma’arif 2 Sumedang beliau mengatakan “meskipun kita bukan dari pendidikan tapi kalo kita mengerti dan memahami akan bidang itu pasti akan bisa, belajarlah sambil berjalan kita pasti paham dan bisa”, sebuah kata – kata motivatif yang selalu saya ingat sampai sekarang, hatur nuhun pa Dadan.

Menjadi Guru orang bilang katanya susah – susah gampang, memang benar juga sih… dulu waktu sekolah memang saya selalu bertanya dalam hati apa memang tidak cape Guru tuh, setiap hari harus mengajar bicara didepan kelas. Memang benar juga orang bilang katanya guru itu adalah seorang pahlawan tanpa tanda jasa, setuju banget…!

Setelah mencari – cari apa itu Guru, maka sayapun mulai sedikit memahami apa itu arti guru ya… meskipun dengan keterbatasan karena mempelajari dan memahaminya secara otodidak via browsing internet. Mungkin sedikit share dengan pembaca semua khususnya untuk temen- temen yang bukan basicnya dari pendidikan untuk dapat memahami sedikit mengenai guru itu apa dan seperti apa tugasnya. Jujur, he….! kalau ada kekurangan tolong dikoreksi ya…. terlebih kepada temen- temen yang memang basicnya dari keguruan dan pendidikan mungkin lebih tahu, ok! ditunggu ya..,

APA DAN SIAPAKAH GURU ITU…?

Secara garis besar katanya menurut UU No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen didalamnya mengatakan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Maka dengan demikian berarti guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai menengah dan pendidikan anak usia dini. Profesional ini mengandung arti bahwa pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu  Nah… tidak mengherankan kalo guru sekarang ini disebut juga sebagai agen pembelajaran atau (learning agent) artinya peran guru ini adalah antara lain sebagai fasilitator, motivator, pemacu, perekayasa pembelajaran, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.

INGAT..!Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Yang paling harus diperhatikan oleh kita bahwa sekarang ini kualifikasi untuk menjadi Guru adalah harus S1 atau D4 untuk semua jenjang pendidikan sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya, khusus untuk SD/MI harus S1atau D4 PGSD/PGMI, itu semua katanya menurut UU loh….!

ALL ABOUT  KOMPETENSI GURU…!

Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yang saya maksud adalah kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan profesi, diantaranya :

  1. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik.
  2. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik.
  3. Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, dan
  4. Kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Waduh, kalau di pikir – pikir memang standar untuk menjadi seorang guru itu banyak sekali syaratnya, mulai dari kualifikasi pendidikan sampai dengan tuntutan kompetensi yang harus dimiliki. Untuk lebih jelasnya mengenai kompetensi guru itu seperti apa, didalam Permendiknas No.16 tahun 2007 mengenai standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru serta PP No.74 Tahun 2008 tentang Guru bahwa Standar kompetensi guru dikembangkan secara utuh dari empat kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional dimana keempat kompetensi tersebut terintegrasi dalam kinerja guru.

Lanjut lagi ya…, Standar kompetensi guru ini mencakup kompetensi inti guru yang dikembangkan menjadi kompetensi guru PAUD/TK/RA, guru kelas SD/MI, dan guru mata pelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Sebagai bahan pengetahuan saya tuliskan secara garis besar standar kompetensi inti dari tiap satuan pandidikan, diantaranya yaitu :

Kompetensi Pedagogik

  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
  3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik.
  6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
  7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
  8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
  9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
  10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Kompetensi Kepribadian

  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
  2. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  3. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.
  4. Menunjukkan etos kerja, tanggungjawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
  5. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

Kompetensi Sosial

  1. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.
  3. Beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia yang memiliki keragaman sosial budaya.
  4. Berkomunikasi dengan komunitas profesi sendiri dan profesi lain secara lisan dan tulisan atau bentuk lain.

 

Kompetensi Profesional

  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.
  3. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif.
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Melihat dari kompetensi inti seorang guru tentunya kita dituntut untuk bisa memilikinya apabila ingin menjadi seorang guru yang sesuai dengan yang diharapkan. Guru adalah sebuah profesi yang sangatlah vital dalam proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan, apapun yang diajarkan guru akan banyak berpengaruh besar pada proses pengembangan pengetahuan dan karakter dari seorang siswa. So… apakah anda tertarik untuk menjadi seorang guru ? jawaban itu tergantung dari hati teman – teman semua, ilmu kita akan bermanfaat apabila kita memberikannya kepada orang lain dengan tulus dan ikhlas.

Akhirnya meskipun belum memutuskan untuk menjadi seorang guru, implikasi dari tawaran menjadi guru itu telah membuat saya mempelajari dan lebih dalam lagi memahami profesi guru itu seperti apa, hatur nuhun Bapak Dadan karena berkat bapak saya lebih tahu akan profesi guru itu seperti apa.

TRIBUT TO MY TEACHER…!

Teruntuk guru – guruku semua yang telah mengajarkan semuanya hingga menjadikanku sampai sekarang ini, penghargaan untuk bapak dan ibu semua, “terima kasih bapak, terima kasih ibu, semua ilmu yang telah bapak ibu berikan sangatlah bermanfaat. Ya Allah jadikanlah mereka semua menjadi orang yang selalu mendapat ridhoMu dan berikanlah selalu mereka kebahagiaan dunia dan akhirat, amin…!”.

All the best untuk guru – guruku semua di SDN Pasarean, SMPN 4 Sumedang, dan di SMKN 1 Sumedang. SEMANGAT….!!

Semoga Jaya untuk pendidikan Indonesia…!

Referensi :

  1. UU No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
  2. Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang Standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru;
  3. PP No.74 Tahun 2008 tentang Guru.

3 Responses

  1. susah pengaplikasiannya ^_^

    • memang betul kang, tapi memang itulah idealnya, ya… mdh”an saja bisa menjadi patokan kita sebagai pengajar,
      Semangat terus…

  2. sangat sulit didapatkan gru yg memenuhi kriteria tersebut,,, malah bnayak mengahalalkan segala cara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: