AGAINS..!, MENJADI FASILITATOR RELAWAN PMI

Untuk yang kesekian kalinya menjadi fasilitator pelatihan PMI bagi saya adalah sebuah tanggung jawab yang harus dijalankan, terlebih peserta pelatihan kali ini adalah para calon relawan PMI yang tergabung dalam TSR PMI dan para pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini merupakan sebuah orientasi bagi para calon relawan TSR yang terdiri dari Perawat, Guru, Tokoh masyarakat, pemuda dan para pengurus PMI yang notabene mereka baru mengenal PMI yang kemudian ingin bergabung dengan PMI. Bertempat di ruangan aula Markas PMI Kabupaten Sumedang, tepatnya tanggal 5 s.d 7 Mei tahun 2012 kegiatan ini dilaksanakan. Acara dilaksanakan selama tiga hari dengan perhitungan setiap hari sekitar 6 sampai dengan 7 perwakilan dari tiap kecamatan sehingga selama tiga hari tersebut seluruh relawan TSR dan pengurus PMI kecamatan semuanya bisa mengikuti dikarenakan dengan keterbatasan tempat ruangan.

Yang paling menarik dari orientasi ini adalah setelah melihat CV profile dari para peserta kegiatan, ternyata hampir 70% peserta berpendidikan D3 / S1 serta beberapa orang S2. Hal ini menjadi sangat menarik bagi saya pribadi, karena saya meyakini sekali bahwa makin berat  tekanan mental yang diberikan maka sayapun semakin tertantang untuk bisa menampilkan yang terbaik sebagai seorang fasilitator. Metode yang digunakan serta bahasa yang dipergunakanpun pastinya akan sangat berbeda dari biasanya. Dengan sedikit ketenangan dan menyiapkan bahan-bahan materi sesuai dengan yang akan disampaikan maka akhirnyapun Alhamdulillah bisa dilaksanakan juga.

Adahal yang menarik dalam orientasi ini, yaitu ketika saya melihat dari hari pertama sampai hari ketiga karena tiap hari berbeda pesertanya, setelah dilihat-lihat ternyata salah satu pesertanya terdapat mantan guru saya yang dulu pernah mengajar di SD, di SMP dan SMK semuanya ada., waduh….!! Pikiran saya tidak karuan kemana-mana. Saya berfikir dengan sedikit ketenangan apakah ini memang kuasa Allah yang menyatakan bahwa suatu saat nanti kita tahu dengan kita, ada saatnya kita berada dibawah dan ada kalanya kita berada diatas. Dengan keyakinan itu, sayapun mencoba untuk bersikap profesioanl dan mencoba untuk menyapa guru-guru saya ini dengan penuh rasa hormat dan dengan kerendahan hati tanpa menyinggung perasaan mantan guru- guru saya ini, karena bagaimanapun saya merasa bahwa saya tidak akan bisa berdiri didepan mereka sekarang ini tanpa sebelunya adanya bimbingan dan ajaran yang telah mereka berikan pada saat sekolah dulu. Terimakasih bapak / ibu, karena kalianlah sekarang ini saya berada didepan sekarang, Allah Maha Besar…!!

Sebelum memulai seperti biasa saya selalu memperkenalkan diri dulu, karena bagaimanapun perkenalan singkat harus selalu dilakukan untuk membangun sebuah komunikasi awal dengan para peserta orientasi karena disinilah modal awal dari berhasil atau tidaknya presentasi yang akan disampaikan dapat diterima oleh peserta. Kebetulan dalam pelatihan ini saya membawakan materi tentang Manajemen Relawan PMI, sebuah materi yang boleh dibilang agak sedikit berat untuk disampaikan mengingat pasti akan banyak sekali pertanyaaan yang akan keluar dari para peserta pada sesi tanya jawab.Untuk kegiatan ini ada tiga(3) materi pokok yang disampaikan, diantaranya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional disampaikan oleh sdra. Budi Turmudi ( KSR Unit Markas PMI Kab.Sumedang), Palang MerahIndonesiatermasuk Renstra oleh dr.H. wan Suwandhi ( Wkl.Ketua PMI Kab.Sumedang), manajemen Relawan oleh saya sendiri, dan untuk harapan serta norma dan kesimpulan akhir difasilitasi oleh Bpk.Drs. Dedi Setiadi (Pengurus PMI Kab.Sumedang) selaku wakil ketua pelaksana kegiatan

Kegiatan ini dimulai pada pukul 8.00 pagi dan berakhir pada pukul 16.00 sore, sehingga kegiatan dilaksanakan seharian penuh dengan jeda istirahat pada pukul 12.00 untuk sholiskan. Banyak hal saya kira yang bisa didapatkan oleh para peserta orientasi pada kegiatan ini, diantaranya :

  1. Peserta kegiatan sudah menjalankan kewajibanya sebagai relawan PMI yaitu mengikuti Orientasi sebagai syarat untuk menjadi bagian dari Palang MerahIndonesia.
  2. Peserta dapat mengetahui lebih jauh tentang gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional sehingga dalam melaksanakan tugasnya sebagai relawan, peserta sudah mendapatkan acuan yang jelas mengenai apayang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
  3. Adanya sebuah kesepakatan dan komitmen bersama dalam mengembangkan organisasi PMI khususnya PMI Kabupaten Sumedang sehingga keberlangsungan organisasi dapat berkembang baik itu dalam pelayanan maupun kinerja.

Dalam kesempatan inipun saya masih ingat pada saat itu keluar kata – kata dari ketua PMI Kabupaten Sumedang yang mengatakan bahwa kurang lebih seperti ini “ Anda dan kita semua ini adalah relawan PMI, dimana tugas kita adalah mengabdikan diri di Palang Merah sebagai panggilan rasa jiwa kemanusiaan kita. Banggalah menjadi relawan, karena semua yang kita lakukan sekarang akan menjadi sebuah amal ibadah kita dikemudian hari kelak ” Kata – kata membangun dan memotivasi bagi kita semua, tentunya kata – kata tersebut dapat dijadikan sebagai penyemangat kita sebagai relawan.

Belajar dan belajar menjadi sebuah keharusan yang harus dilakukan demi memperbaiki setiap apapun yang dikerjakan, selama menjadi fasilitator pelatihan inipun saya terus belajar bagiamana caranya untuk menutupi setiap kekurangan yang dilakukan. Mungkin semua fasilitator akan banyak yang setuju manakala salah satu hal kejadian yang terberat dalam memfasilitasi adalah ketika menjadi seorang fasilitator dimana pesertanya adalhorang – orang yang umurnya sudah tua daripada kita, terlebih orang yang kita fasilitasi adalah orang – orang yang dulunya pernah menjadi seorang senior, guru, pembimbing, orang tua, dan lain sebagainya sehingga kita akan sedikit merasa canggung. Tapi dengan ketenangan serta bersikap professional dengan tanpa merendahkan mereka saya yakin kita pasti akan bisa menjadi seorang fasilitator yang baik, amin…!!

Selamat untuk para Relawan TSR dan pengurus PMI Kecamatan se-Kab.Sumedang yang telah mengikuti orientasi, mudah-mudahan kita menjadi seorang relawan yang dapat mengabdikan diri kita demi kemanusiaan, Salam kemanusiaan…,

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: